Penjemputan Mahasiswa Magang Angkatan III di Markisa Farm Penuh Kabar Gembira
  • akuakultur
  • 14. 06. 2022
  • 0
  • 1054

Editor: Muktaridha, S.Pd., M.Si

Commanditaire Vennootschap (CV) Markisa Farm merupakan salah satu unit pembesaran udang Vanamei yang bertempat di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Unit tersebut telah menjalin kerjasama dengan Universitas Teuku Umar, Khususnya Program Studi Akuakultur yang memiliki kepentingan untuk melatih mahasiswa menjadi seorang ahli dan berpengalaman di bidang budidaya perikanan. Direktur Utama (Dirut) saat ini dipegang oleh Muhammad Fathurrahma dan Managernya Hendri Rowin. 

Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si telah melakukan penjemputan mahasiswa magang angkatan ke III dari CV Markisa pada tanggal 29 Mei 2022, serta dilanjutkan dengan penandangan kontrak mahasiswa magang untuk angkatan ke IV. Sebanyak 6 orang mahasiswa telah menyelesaikan tugas pelatihannya mulai dari persiapan wadah sampai pemanenan udang Vanamei selama 6 bulan terakhir. Angkatan magang ke IV dari Prodi Akuakultur direncanakan akan diterima sebanyak 10-15 orang mahasiwa, sehingga para mahasiswa yang akan mendaftar dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mental dan fisik selama kegiatan berlangsung. 

Pihak farm menyebutkan bahwa mahasiswa yang dikirimkan di angkatan ke III memiliki kesiapan yang baik dan sangat membantu pelaksanaan kegiatan farm selama proses budidaya berlangsung. Bahkan mereka menambahkan bila setelah menyelesaikan studi di Universitas dan mahasiswa tersebut memiliki keinginan untuk kembali bekerja sebagai pegawai, maka akan diterima dengan senang hati. Kondisi tersebut sejatinya menggambarkan ikatan emosional antara mahasiswa dan pihak farm sudah cukup kuat, karena telah bekerja sama selama 6 bulan secara terus menerus. 

Yusran Ibrahim mewakili pihak kampus mengucapkan terimakasih yang tak terkira karena telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa prodi Akuakultur untuk mengaplikasi dan menambah ilmu pengetahuan. Kondisi tersebut tidak dapat dipungkiri karena kajian teoritis merupakan penggambaran umum, namun studi di lapangan akan cenderung fluktuatif tergantung dari kondisi geografis di daerahnya. Beliau juga berterimaksih kepada pihak farm karena telah menandatangai nota kesepahaman untuk magang tahap IV dengan jumlah kuota mahasiswa yang lebih banyak. Akhir kata beberapa wejangan juga diberikan kepada mahasiswa untuk senantiasa mempersiapkan diri lebih baik, karena kegiatan magang hanyalah pembuka dari aktivitas yang akan ditekuni oleh mahasiswa di kemudian hari bila terjun di industri perikanan.

Komentar :

Lainnya :