Workshop Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Studi Literatur
  • akuakultur
  • 14. 06. 2022
  • 0
  • 1076

Editor: Muktaridha, S.Pd., M.Si

Penulisan artikel ilmiah secara umum dilakukan dengan melakukan penelitian dalam bentuk perlakuan pada sampel maupun survey secara sistematis mengikuti asas statistika. Proses tersebut secara umum memerlukan waktu yang lama serta jumlah dana yang besar, karena interaksi dengan sampel maupun responden membutuhkan kondisi tersebut. Di sisi lain, kegagalan penelitian juga menjadi resiko yang harus ditanggung peneliti karena koherensi data penelitian dengan tujuan yang hendak dicapai memerlukan kondisi yang nyata untuk dapat dipublikasikan.

Sejatinya, artikel ilmiah tidak hanya mengharuskan penelitian di lapangan. Beberapa contoh lain yang memungkinkan adalah melalui studi literatur untuk mereferensi pendapat dari peneliti sebelumnya, guna menguatkan argumen yang disampaikan. Beberapa bentuk artikel ilmiah berbasis studi literatur yang umum seperti critical review, systematic review dan narative review seharusnya menjadi jawaban untuk menghasilkan artikel ilmiah dengan meminimalisir resiko dari penelitian secara umum. 

Penulisan artikel ilmiah secara umum dilakukan oleh Pakar di bidangnya yang mumpuni. Namun, sejatinya hal ini bisa dilakukan oleh akademisi di lingkungan kampus, karena merupakan tempat bertemunya pakar yang spesial di bidangnya masing-masing. Program studi akuakultur menyelenggarakan kegiatan Workshop bertajuk Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Studi Literatur pada Senin, 6 Juni 2022. Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Bapak Prof. M Ali S, M.Si, dan dipandu oleh Ketua Jurusan Akuakultur, Bapak Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si. Kegiatan tersebut diisi oleh Bapak Prof. Adlim, M.Sc, yang merupakan Dosen Universitas Syiah Kuala. 

Dalam paparannya, Prof. Adlim menerangkan bahwa menulis artikel review bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit jika ditekuni dengan baik. Secara umum penulisnya haruslah pakar, namun beberapa pilihan lain cukup memungkinkan. Penulis artikel reveiw bisa melakukannya bersama pakar yang sudah memiliki jejak publikasi yang baik. Sistem penulisan artikel ilmiah memiliki kemiripan kerja jaksa di pengadilan yang mereview peraturan sebanyak-banyaknya untuk menuntut maupun membela seseorang. 

Di Akhir sesi, Beliau juga mengajak untuk menganalisis artikel review yang pernah dipublikasi sebelumnya. Selain itu, beliau juga mengajak peserta untuk bersama-sama mensimulasikan proses penentuan dan perumusan ide penulisan model artikel review berdasar topik yang lebih dekat dengan konsep-konsep budidaya perikanan (akuakultur). 

Materi pelatihan dapat didownload di link berikut ini:

  1. PPT pelatihan  
  2. Contoh artikel review berbahasa indonesia

 

 

 

Komentar :

Lainnya :